Wednesday, June 01, 2011

Konsep Paper DRR Kab. Bener Meriah

Gunung Burni Telong di Kabupaten Bener Meriah begitu anggun terlihat pada pagi hari. Namun, kadang terlihat gagah atau bahkan angkuh dengan hiasan mahkota asap asap tipisnya. Gunungapi aktif tersebut berjarak kurang dari 10 Km dari pusat kota kabupaten. dapat dibayangkan, bagaimana jika gunung tersebut berulah bak sang Merapi dipenghujung tahun 2010?

Kabupaten pecahan dari Aceh Tengah ini juga memiliki sederet wilayah rawan; longsor, angin puting beliung dan kebakaran. sekalin konflik sosial yang telah dialami wilayah ini hampir 30 tahun.

Spirit Kabupaten untuk menjadikan Kabupaten ini sebagai kota organik, mandiri dari sisi energy serta dapat hidup dari sumberdaya yang mereka miliki sendiri, patut mendapatkan apresiasi besar. sebuah mimpi luhur disaat banyak kabuptan kota yang masih merengek mendapatkan pendanaan dari pusat.

pembangunan yang digenjot di wilayah hulu seperti Kab. Bener Meriah, jika tidak dilakukan secara hati2, tidak hanya akan mengorbankan lingkungan dan penduduk tempatan, tapi juga akan berdampak besar bagi wilayah bawahannya.

konsep paper ini disusun bersamaan dengan penyusunan konsep strategis di kota sabang pada tahun 2009. dengan dukungan dari Samdhana Institute, bekerja bersama dinas sosial, TAGANA Kab. Bener Meriah dan Pemda Kabupaten Bener Meriah, konsep paper ini dapat tersusun. sebuah harapan besar, konsep ini akan menjadi dasar atau pertimbangan bagi Kab. Bener Meriah dalam penyusunan perencanaan pembangunannya. dengan menempatkan PRB sebagai arus utama.

Untuk men-download konsep paper ini, dapat click link dibawah ini

No comments: